KlixTravel - Vegetarian's Choice for Travelling
✉ tour@klixtravel.com ✆ (021) 536 909 04/05
KlixTravel Logo

Jembatan Kaca Terpanjang dan Tertinggi di Dunia Resmi Beroperasi di China

Setelah ramai dibicarakan sejak tahun lalu, jembatan kaca terpanjang dan tertinggi di dunia resmi dioperasikan di China. Butuh nyali ekstra untuk melewatinya!

Berlokasi di Zhangjiajie, Provinsi Hunan, China, kini traveler bisa mencoba melewati jembatan kaca terpanjang di dunia. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Senin (22/8/2016), jembatan tersebut telah memecahkan rekor dengan panjang 430 meter dan tinggi 300 meter seperti diberitakan media China Daily.

Dengan begitu, jembatan kaca Zhangjiajie ini bahkan mengalahkan Grand Canyon Skywalk di AS yang panjangnya 21 meter dan tingginya 219 meter dari tanah. Juga mengalahkan Glacier Skywalk di Alberta, Kanada yang panjangnya 35 meter dan tingginya sedikit kurang dari 300 meter.

Selain itu, jembatan kaca tersebut juga memiliki lebar hingga enam meter dan menggantung di ketinggaian 300 meter pada salah satu jurang di Taman Nasional Tiananmen. Jembatan itu juga berlokasi di Taman Nasional yang jadi setting film fiksi Avatar.

Secara bahan, jembatan itu tercipta dari 99 kaca jendela yang terbagi menjadi tiga lapis kaca transparan. Jembatan tersebut juga mendapat 10 rekor dunia untuk desain dan proses pengerjaannya. Bukan main-main.

Yang membuatnya makin menarik adalah lantai jembatan yang akan terbuat dari kaca. Meski tidak sepenuhnya, namun tetap bisa membuat wisatawan bergidik ngeri saat menengok ke bawah.

Dari segi keamanan, jembatan kaca itu pun sudah dites kekuatannya. Awal tahun ini sejumlah petugas sempat memukul lantai jembatan dengan martil hingga melewatinya dengan truk berisi penumpang. Jadi traveler tidak perlu khawatir.

Bagi traveler yang tengah liburan ke China dan ingin menjajal jembatan kaca tersebut, disarankan untuk melakukan reservasi minimal sehari sebelumnya. Alasannya, jumlah wisatawan dibatasi hingga maksimal 8.000 orang saja per hari.

Pada tahun 2017 mendatang, pihak pengelola bahkan berencana untuk membuat tempat bungee jump di jembatan tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Direktur Perusahaan Manajemen Pariwisata Zhangjiajie, Joe Chen pada situs desain Inhabitat.

Tentang Author
Go Top