KlixTravel - Vegetarian's Choice for Travelling
✉ tour@klixtravel.com ✆ (021) 5327305 / 5327306
KlixTravel Logo

15 Gedung Tertinggi Di Dunia

15 Gedung Tertinggi Di Dunia

 

Gedung pencakar langit kini bukan menjadi hal yang luar biasa bagi kita. Kemajuan teknologi dan persaingan ketat melahirkan manusia-manusia cerdas dan terampil dalam menghasilkan kreasi yang awalnya hanya berada di dalam imajinasi dan pemikiran mereka. Kemajuan yang terjadi ini bahkan dibuktikan dengan hadirnya 15 gedung tertinggi di dunia berikut ini.

 

  1. Burj Khalifa, Dubai, Uni Arab Emirat (828 meter)

Burj Khalifa Dubai

Dulunya diberi nama Burj Dubai. Burj Khalifa merupakan sebuah gedung pencakar langit tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia dan resmi dibuka pada 4 Januari 2010. Bangunan ini merupakan mahakarya arsitektur Skidmore, Owings, dan Merril dengan ketinggian mencapai 828 meter dan mencakup 160 lantai. Pencetus pembangunan bangunan ini adalah Skeikh Mohammed bin Rashid Al Maktourn. Meski pada pertengahan pembangunan sempat mengalami kendala dana, namun pemimpin Uni Emirat Arab bernama Khalifa bin Zayed Al Nahayan bersedia untuk menginvestasikan dananya sehingga Burj Dubai selesai dibuat dan namanya diganti menjadi Burj Khalifa sebagai bentuk penghormatan serta simbol terima kasih kepada Presiden Khalifa.

 

  1. Shanghai Tower, Shanghai, China (632 meter)

Shanghai Tower

Shanghai Tower merupakan gedung pencakar langit tertinggi kedua setelah Burj Khalifa yang dibangun di Lujiazui, Pudong, Shanghai. Perancangnya adalah Gensler. Ketinggian gedung mencapai 632 meter dan di dalamnya terdapat 121 tingkat dengan luas total area mencapai 380.000 meter persegi. Pembangunan gedung ini memakan biaya yang super masif yaitu sekitar Rp31 triliun dan masih dalam tahap pembangunan. Tower ini seolah mengisahkan rekam jejak laju perubahan daerah ini. Pemerintah China bahkan tak segan menyebut tower ini sebagai simbol masa depan bangsa yang penuh dengan kesempatan yang tidak terbatas. Perancang Shanghai Tower juga memiliki ambisi untuk membuat jalan vertikal misalnya urusan transportasi gedung yang dilengkapi dengan perjalanan lift tertinggi dan tercepat dengan catatan kecepatan mencapai 40 meter per jam sampai pada ujung ketinggian menara. Shanghai Tower tetap memiliki berbagai zona budaya termasuk taman langit, area bisnis, area rekreasi, area perhotelan, serta museum.

 

  1. Abraj Al-Bait Clock Tower, Mekkah, Saudi Arabia (601 meter)

Abraj Al Bait clock Tower Saudi Arabia

Abraj Al-Bait Clock Tower adalah sebuah kompleks bangunan yang letaknya ada di Kota Mekkah dan dirancang oleh para arsitek dari Dar Al Handasah Architects. Pelaksanaan pembangunan dilakukan oleh Saudi Binladin Group. Kompleks ini dibangun untuk dapat menampung jamaah haji yang semakin banyak dari tahun ke tahun demi menunaikan ibadah haji. Bisnis perhotelan menjadi semakin berkembang dengan semakin banyaknya jumlah jamaah yang berkunjung setiap tahunnya. Di kompleks ini terdapat tujuh menara dengan salah satu menaranya diberi nama Hotel Tower. Hotel ini akan dijadikan hotel berbintang tujuh rencananya. Pembangunan kompleks ini dimulai pada tahun 2004 hingga selesai dan dibuka pada tahun 2012. Luas area lantai mencapai angka 1.500.000 meter persegi.

 

  1. Ping An Finance Centre, Shenzhen, China (599 meter)

Ping An Finance Centre Shenzhen

Dikenal juga dengan sebutan Ping An IFC, merupakan sebuah gedung pencakar langit tertinggi yang berada di bawah konstruksi dan lokasinya berada di Shenzhen, Guangdong, China. Pembangunan gedung ini dibiayai oleh Ping AN Insurance dan desainnya menggunakan jasa perusahaan arsitektur asal Amerika, Kohn Pedersen Fox Associates. Gedung ini masih dalam tahap pembangundan, prediksinya bangunan ini akan selesai dibangun pada tahun 2016 dan diketahui akan menjadi bangunan tertinggi nomor 4 di dunia. Setelah selesai dibangun, rencananya gedung ini akan dialokasikan sebagai gedung perkantoran, hotel, dan wilayah pemasaran yang juga dilengkapi dengan pusat konferensi dan mall kelas atas. Bangunan ini bahkan diketahui memiliki luas area lantai mencapai 378.600 meter persegi plus area basement seluas 90.000 meter persegi.

 

  1. Goldin Finance 117, Tianjin, China (596.5 meter)

Goldin Finance 117 Tianjin

Juga dikenal dengan China 117 Tower, merupakan gedung pencakar langit yang masih berada dalam tahap pembangunan. Lokasinya ada di Tianjin, China. Menara ini diharapkan dapat mencapai ketinggian 597 meter dengan 117 tingkat. Konstruksi pembangunan dimulai pada tahun 2008 dan gedung ini dijadwalkan selesai pada tahun 2014 serta menjadi bangunan tertinggi kedua di China. Pada akhir Januari 2010 dikabarkan bahwa pembangunan gedung ini harus ditunda dan dilanjutkan kembali setahun kemudian dan diprediksi akan selesai dibangun pada tahun 2017.

 

  1. One World Trade Center, New York City, United States (541.3 meter)

One World Trade Center New York

One WTC merujuk pada bangunan utama dari kompleks World Trade Center yang baru di Lower Manhattan, New York City. Bangunan ini adalah gedung pencakar langit tertinggi di Western Hemisphere dan diketahui sebagai bangunan tertinggi nomor 6 di dunia. Gedung ini dirancang oleh arsitek David Childs, pemilik perusahaan Skidmore, Owings, dan Merrill (SOM) yang juga mendesain bangunan tertinggi nomor 1 di dunia, Burj Khalifa. Lantai puncak gedung ini berada di ketinggian 417 meter di atas permukaan tanah. Jika diukur hingga menara di atasnya, bangunan ini mencapai ketinggian 541 meter.

 

  1. CTF Finance Centre, Guangzhou, China (530 meter)

CTF Finance Centre Guangzhou

Dulunya dikenal dengan nama The CTF Guangzhou, Chow Tai Fook Centre, merupakan salah satu gedung pencakar langit tertinggi yang masih dalam tahap pembangunan dan berlokasi di Guangzhou, China. Gedung ini diperkirakan akan menjadi gedung pencakar langit tertinggi setelah Guangzhou Twin Towers. Ketinggiannya akan mencapai 530 meter dengan 111 tingkat. Pembangunan gedung ini masih terus berlangsung dan diharapkan bisa selesai pada tahun 2016. Setelah selesai dibangun, gedung ini akan difungsikan sebagai pusat konferensi, hotel, observatori, mall, dan gedung perkantoran. Rosewood Hotels and Resorts bahkan akan menjadi bagian dari tower ini yang mana akan menyediakan 251 kamar tamu dan 355 residen.

 

  1. Taipei 101, Taipei, Taiwan (509 meter)

Taipei 101

Awalnya dikenal dengan nama Taipei World Financial Center, merupakan landmark dan gedung pencakar langit yang berada di Xinyi District, Taipei, China. Bangunan ini resmi diklasifikasikan menjadi salah satu gedung tertinggi di dunia sejak tahun 2004. Pada tahun 2011, gedung ini diberi penghargaan LEED platinum certification, yaitu penghargaan tertinggi menurut Leardership in Energy and Environmental Design. Taipei 101 didesain oleh C.Y. Lee dan rekan-rekannya serta dibangun oleh KTRT Joint Venture. Pembangunannya cukup memakan waktu lama yaitu mulai tahun 1999 hingga selesai pada 2004.

 

  1. Shanghai World Financial Center, Shanghai, China (492 meter)

Shanghai World Financial Center

Dikenal dengan singkatan SWFC. Bangunan ini dikenal sebagai salah satu gedung pencakar langit tertinggi yang berlokasi di distrik Pudong, Shanghai, China. Didesain oleh Kohn Pedersen Fox dan dikembangkan oleh Mori Building Company dengan Leslie E. Robertson Associates sebagai teknisi struktural dan China State Construction Engineering Corp and Shanghai Construction General Co sebagai kontraktor utamam. Gedung ini merupakan perpaduan fungsi dari gedung pencakar langit ang mencakup perkantoran, hotel, ruangan-ruangan konferensi, observations decks, juga mall.

 

  1. International Commerce Centre, Hong Kong, Hong Kong (484 meter)

International Commerce Center Hongkong

Bangunan ini merupakan pencakar langit komersil yang memiliki ketinggian 484 meter dan selesai dibangun pada tahun 2010 di West Kowloon, Hong Kong. Bangunan ini merupakan bagian dari proyek Union Square dan merupakan salah satu bangunan tertinggi di dunia. Pembangunan gedung ini berada di bawah tanggung jawab MTR Corporation Limited dan Sun hung Kai Properties. Tower ini sendiri didesain oleh perusahaan jasa arsitektur asal Amerika, Kohn Pedersen Fox Accosiates yang juga berasosiasi dengan Wong and Ouyang (HK) Ltd.

 

  1. Petronas Tower, Kuala Lumpur, Malaysia (452 meter)

 Petronas Tower KL

Merupakan gedung pencakar langit kembar yang lokasinya ada di Kuala Lumpur, Malaysia. Bangunan ini konsisten termasuk dalam gedung tertinggi di dunia sejak tahun 1998 hingga 2005 dan menjadi landmark dari Malaysia sendiri. Menara ini didesain oleh arsitektur berdarah Argentina-Amerika Utara yaitu Cesar Pelli. Rencana pembangunan dimulai pada 1 Januari 1992 termasuk dengan melakukan berbagai tes dan simulai angin.

 

  1. Zifeng Tower, Nanjing, China (450 meter)

Zifeng Tower Nanjing

Dikenal juga dengan sebutan Greenland Center. Inilah gedung pencakar langit yang berlokasi di Nanjing, China. Pembangunan mega proyek ini dimulai tahun 2005 dan selesai serta dibuka secara resmi pada tahun 2010. Ketinggian gedung mencapai 450 meter. Perancangnya adalah Adrian Smith di bawah perusahaan arsitektur Skidmore, Owings, and Merrill. Di dalam gedung akan difungsikan sebagai beberapa tempat di antaranya sebagai hotel, restoran, hingga observatori publik.

 

  1. Willis Tower (Sears Tower), Chicago, United States (442 meter)

Willis Tower Chicago

Adalah gedung pencakar langit yang terletak di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Ketinggian gedung ini mencapai 442 meter dan merupakan bangunan tertinggi kedua di Amerika. Setidaknya satu juta orang mengunjungi tempat ini setiap tahunnya dan menjadikannya sebagai salah satu destinasi terkenal di Chicago. Dulunya dikenal dengan sebutan Sears Tower dan namanya diubah sejak tahun 2009 oleh Willis Group sebagai bagian dari sewa pada sebagian ruang di menara.

 

  1. KK100, Shenzhen, China (442 meter)

KK100 Shenzhen

Dikenal juga dengan nama Kingkey 100 atau Kingkey Finance Center Plaza. Gedung ini dikenal sebagai salah satu gedung pencakar langit super tinggi di Shenzhen, Guangdoung, China. Lokasi tepatnya berada di area Shenna East Road dan Caiwuwei yang merupakan area yang sering dideskripsikan sebagai distrik keuangan Shenzhen. Bangunan ini memiliki ketinggian sekitar 442 meter yang di dalamnya terdapat 100 lantai yang dialokasikan sebagai wilayah perkantoran dan perhotelan.

 

  1. Guangzhou International Finance Center, Guangzhou, China (440 meter)

Guangzhou International Finance Center

Nama lainnya adalah Guangzhou West Tower. Bangunan ini dikenal sebagai salah satu gedung tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai sekitar 440 meter yang berlokasi di Guangzhou, Guangdong, China. Bangunan ini baru selesai dibangun pada 2008 dan merupakan bagian dari Guangzhou Twin Towers. Pembangunan gedung ini didesain oleh Wilkinson Eyre. Bangunan ini dialokasikan sebagai pusat konferensi, perhotelan, dan gedung perkantoran. Lantai 1 hingga 66 digunakan sebagai perkantoran, lantai 67 hingga 68 sebagai wilayah perlengkapan mekanik, lantai 69 hingga 98 digunakan sebagai area Four Seasons Hotel dengan lobi berada di lantai 70, serta lantai 99 hingga 100 digunakan sebagai observation deck.

Tentang Author
Go Top